Skip to main content

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Itu adalah pengertian blog menurut Wikipedia.

Isi artikel nya bebas, sesuai dengan apa yang akan dituangkan oleh si pemilik blog tersebut.
Artikel yang diposting bisa berisi tutorial, lirik lagu, tips dan trik serta artikel - artikel menarik lainnya.

Bahkan di blog bisa kita jadikan toko online untuk mempromosikan barang atau jasa yang kita punya.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, ini adalah salah satu peluang yang menjanjikan untuk meraup rupiah bahkan dollar.

Bila kita rajin menulis artikel dan asli karya sendiri, blog kita bisa didaftarkan ke Google Adsense.
Tentunya setelah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak Google Adsense. Apa sih Google Adsense itu?, bagi pemula di dunia blogg pasti akan bertanya - tanya.

Baik saya beritahukan, Google Adsense adalah satu layanan dari Google bagi penggunanya untuk menayangkan iklan publisher di blog yang sudah memenuhi persyaratan untuk ditampilkan iklan. Nantinya bila blog kita sudah diterima oleh Google Adsense, maka akan tayang iklan di blog kita, dan kita akan mendapatkan bayaran dari pengunjung blog kita yang meng klik iklan yang ada di blog kita, bagaimana menarik bukan?

Sebelum kita membuat blog, syarat utamanya adalah harus mempunyai akun google, bagaimana membuat akun google itu? Sangat mudah, kita buat saja alamat email kita di gmail.com. 

Ikuti langkah - langkah yang diminta, isi data - data yang diminta dengan benar.
Berikut langkah - langkah membuat Gmail.

Pertama silahkan klik link ini https://www.gmail.com 
Kemudian kita akan diarahkan kehalaman pendaftaran akun gmail seperti gambar di bawah ini.
 
Bagi yang belum mempunyai gmail, silahkan klik Buat akun, maka tampilan berikutnya seperti tampak pada gambar di bawah ini, siahkan isi data - data yang diminta dengan benar.

 Selanjutnya klik Berikutnya, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini
Silahkan isi lagi data - data yang diminta dengan benar sesuai KTP, dan jangan lupa isi no HP dengan nomor yang aktif bisa menerima sms, karena nanti nya akan dikirimkan kode verifikasi berupa angka - angka untuk mengaktifkan akun gmail kita melalui sms. Klik berikutnya, maka akan tampak tampilan seperti di bawah ini.
 

Silahkan klik kirim bila no Hp nya sudah benar, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
 

Tunggu beberapa detik balasan dari google melalui sms, biasanya berupa angka yang terdiri atas 6 digit. Bila sudah diterima kode verifikasi nya, masukkan pada kolom yang sudah disediakan yang ada awalan huruf G- masukkan dengan benar dan klik verifikasi. Bila berhasil maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
 
Pada tahap ini silahkan pilih apakah mau menggunakan no HP kita atau tidak? bila mau silahkan klik Ya saya ikut. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Klik saja tulisan Saya setuju. Maka selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Sampai disini kita sudah berhasil membuat akun google atau alamat gmail.com yang akan kita pergunakan untuk membuat akun blog.

Bersambung.....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi DesaiNesia di smartphone tanpa install, buka DesaiNesia dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi DesaiNesia dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi DesaiNesia

Tambahkan aplikasi DesaiNesia di smartphone tanpa install, buka DesaiNesia dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi DesaiNesia dari layar utama smartphone Anda.