Skip to main content

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Halo sahabat Desainesia, pada postingan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai Cara Membuat Blog bagi Pemula. Bagi anda yang belum pernah membuat akun blog, silahkan klik link ini https://www.blogger.com maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas. 
Silahkan isi alamat gmail yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian klik berikutnya, sampai keluar isian password gmail, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Silahkan klik buat profil google+ bila profil kita mau tampil di blog. Bila memilih profil blogger, silahkan klik buat profil blogger terbatas, dan isi dengan nama terserah kita. Bila klik buat profil google+, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Nama yang tampil sesuai dengan nama akun google/gmail yang pertama kita buat, setelah itu klik buat profil maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini.

Bila mau menambah foto profil kita, klik gambar kamera yang berwarna biru ada tanda + setelah itu klik simpan. 
Maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Silahkan klik lanjutkan ke blogger. Maka kita akan diarahkan ke dasbor blogger seperti gambar di bawah ini.

Tutup dahulu lembaran teks yang berwarna kuning dengan cara klik tanda x di pojok kanan atas. Setelah itu klik Buat Blog baru. Maka kita akan diarahkan pada tampilan seperti di bawah ini.

Silahkan isi kolom Judul dengan judul blog yang akan dibuat, misalnya Cara Membuat Kue.
Selanjutnya isi kolom alamat dengan alamat blog kita nantinya, huruf kecil semua, tanpa spasi, tidak usah memakai tanda baca dan blogspot.com nya tidak usah di tulis, karena otomatis nanti bakal mengikuti sampai muncul tanda ceklis berwarna biru dan ada tulisan alamat blog tersedia.
Bila muncul alamat blog tidak tersedia, berarti alamat blog itu sudah pernah dipakai oleh orang lain, terus saja pilih kata yang unik sampai keluar tulisan alamat blog tersedia. 
Bila sudah, klik buat blog, maka kita akan diarahkan pada dasbor blogger kita seperti gambar di bawah ini.

Bila muncul gambar seperti diatas, klik lain kali atau tanda x di pojok kanan atas. Selanjutnya kita akan diarahkan pada tampilan seperti di bawah ini.

Sampai tahap ini kita sudah berhasil membuat sebuah blog, tetapi masih kosong, untuk mengisi materi atau artikelnya, klik Entri baru maka akan terlihat gambar seperti di bawah ini.

Pada tahap ini kita akan membuat 1 postingan atau artikel, silahkan isi judul artikel pada kolom di samping kata Entri yang berwarna merah.
Selanjutnya kita akan menulis artikel utama nya, kolomnya berada dibawah yaitu lembaran putih besar. Sebelum menulis artikel, tambahkan gambar pemanis agar lebih menarik, caranya dengan meng klik tombol untuk menambahkan gambar, bila tidak tahu lihat gambar dibawah ini.

Letak tombol untuk menambah gambar adanya di samping kanan kata Link, klik tanda yg berwarna biru muda berkotak itu, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

 Silahkan klik Pilih file, selanjutnya akan muncul tampilan folder di hp atau laptop kita untuk mencari file gambar yang sudah kita persiapkan sebelumnya, bisa hasil dari download kita atau hasil kreasi kita, file nya bisa berbentuk jpg atau png.
Bila sudah menemukan file gambarnya klik open, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.

Setelah itu klik gambarnya, kemudian klik add selected. Maka selanjutnya kita akan diarahkan kembali pada dasbor blog tempat menulis artikel kita seperti gambar dibawah ini.

Sebelum mulai menulis artikel, klik gambar yang sudah kita upload yang berada di lembaran artikel kita, nanti akan keluar teks berwarna biru untuk mengatur ukuran gambar tampil di postingan blog kita, pilih saja medium. Dan perlu diperhatikan ketika gambar masih ada teks warna biru, klik teks Link yang berada disamping kotak untuk menambah gambar tadi, gunanya untuk menghapus link dari gamabr tersebut.

Bila sudah, klik enter pada laptop atau hp. Nah disini kita sudah bisa menulis artikel utama.
Sebaiknya dalam penulisan artikel didahului dengan salam pembuka, untuk menyapa pembaca blog kita, kemudian isi artikel, dan ditutup dengan salam penutup. Silahkan disusun kata-kata sebaik mungkin.
Dalam penulisan artikel, hindari menggunakan kata-kata yang disingkat atau yang tidak dimengerti pembaca. Karena ini akan mempengaruhi jumlah kata dari artikel kita nantinya.

Setelah selesai menulis artikelnya, periksa lagi kata-katanya untuk menghindari kesalahan dalam penulisan.
Bila sudah benar klik Publikasikan yan berada di atas, disamping Profil kita.
Untuk melihat hasil postingan kita, klik Lihat Blog yang berada di sebelah kiri di barisan Nama Blog Kita.
Maka kita akan melihat postingan yang sudah kita buat.

Saya rasa tutorial ini belum begitu lengkap, bila anda mau mempelajari seluk-beluk dunia blogger silahkan mampir ke Panduan Code. Disana akan dijelaskan lebih detail tentang tutorial pemrograman, info teknologi, order all project, request tutorial, dan lain-lain.

Demikianlah Cara Membuat Blog bagi Pemula, semoga bermanfaat.

Bila artikel ini merasa bermanfaat, silahkan share.

Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi DesaiNesia di smartphone tanpa install, buka DesaiNesia dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi DesaiNesia dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi DesaiNesia

Tambahkan aplikasi DesaiNesia di smartphone tanpa install, buka DesaiNesia dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi DesaiNesia dari layar utama smartphone Anda.