Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Sablon Kaos Manual yang harus diketahui Pemula

Hallo sobat DesaiNesia, pada artikel ini admin akan membagikan alat sablon kaos manual yang harus diketahui pemula, artikel ini dapat dijadikan acuan bagi kamu-kamu yang ingin mencoba memulai bisnis sablon kaos manual dengan modal kecil. Alat sablon kaos manual yang harus diketahui pemula ini bisa disimpan, siapa tahu suatu saat nanti dibutuhkan untuk mengisi waktu luang, daripada pusing menunggu panggilan atau lowongan kerja yang tidak kunjung datang, lebih baik diisi dengan aktifitas yang bisa menghasilkan uang.

alat sablon kaos manual yang harus diketahui pemula
alat sablon kaos manual


Pengertian sablon

Sablon adalah proses memindahkan suatu gambar atau desain pada objek tertentu dengan alat manual. Proses ini tidak membutuhkan banyak alat dan dapat dikerjakan dengan modal kecil.
Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan panduan lengkap cara menyablon kaos manual dengan mudah.
Sablon kaos manual dapat dilakukan dengan 2 cara, pertama menggunakan screen yang sudah diafdruk, cara ini dilakukan bila jumlah sablonan lebih dari 50 potong. Kedua sablon kaos manual dengan screen kosong tanpa di afdruk. Cara ini bisa dilakukan untuk menyablon nomor dan nama kaos Jersey.
Untuk lebih jelasnya nanti akan dijelaskan pada artikel dibawah ini.

Bahan dan alat sablon kaos manual

Alat-alat yang dibutuhkan untuk sablon kaos manual antara lain:
  1. Screen
  2. Rakel
  3. Papan triplek
  4. Tinta sablon kaos
  5. Pewarna
  6. Obat afdruk
  7. Penguat afdruk
  8. M3 (M tiga)
  9. Sabun cuci
  10. Semprotan burung
  11. Penghapus screen
  12. Pisau cutter
  13. Setrika
  14. Lakban, pinsil, penggaris

Fungsi bahan dan alat sablon kaos manual

Sekarang mari kita bahas satu persatu fungsi dari alat dan bahan tadi.

screen
screen


1.Screen

Screen berfungsi sebagai cetakan dalam proses menyablon, bentuknya kotak persegi seperti  bingkai foto dan sudah dipasang kain monil. Bingkai screen terbuat dari kayu yang tahan air, selain itu ada juga bingkai yang terbuat dari aluminium. Keuntungan memakai bingkai aluminium adalah tahan terhadap air dan rayap.
Monil adalah kain khusus untuk proses sablon yang dipasang pada bingkai screen. Biasanya ukuran monil ditandai dengan huruf T. Huruf T ini menandakan tingkat kerapatan pori-pori kain monil tersebut. Nilai T nya semakin besar ukuran pori-porinya semakin rapat, semakin kecil nilai T nya semakin besar pori-porinya. Ada berbagai no ukuran yang dijual di pasaran. Khusus untuk sablon kaos gunakanlah kain monil dengan kerapatan T62. Untuk sablon kaos sebagai pemula saya sarankan menggunakan ukuran ini, kenapa... karena dengan ukuran tersebut, screen tidak mudah mampet ketika menyablon, dan hasil sablonannya akan merata. Di toko sablon sudah tersedia dalam berbagai ukuran dan kerapatan kain monil nya sesuai dengan kebutuhan kita.

Harga screen sablon kaos manual

Di pasaran harga sebuah screen T62 dengan ukuran 40x50 cm berkisar antara 70-100 ribu, harga ini bila bingkainya terbuat dari kayu. Bingkai dengan bahan alumunium harganya lebih mahal lagi. Sebagai pemula gunakanlah screen dengan bingkai kayu, lumayan kan bisa menghemat biaya, pilihlah kayu yang kuat dan lurus, sebab bila kayunya kurang bagus, lama kelamaan akan melengkung dikarenakan sering dipakai, dicuci dan dijemur.

rakel
rakel


2. Rakel

Rakel adalah alat untuk menarik cat ketika menyablon. Alat ini terbuat dai bahan karet tebal dan kuat. Rakel lazim menggunakan gagang yang terbuat dari kayu, tetapi ada juga yang terbuat dari alumunium. Kelebihan dan kekurangannya sama seperti bingkai screen yang terbuat dari kayu dan alumunium. Untuk sablon kaos manual saya sarankan menggunakan rakel yang berwarna merah dan ujungnya lancip. Lebih bagus lagi memakai gagang alumunium. Selain kuat, posisi rakelnya rata, berbeda dengan rakel gagang kayu, bila tidak pandai memilih kadang ada rakel yang tidak rata. Hal ini dapat menyebabkan kualitas hasil sablonan tidak merata.

papan triplek
papan triplek

3. Papan Triplek

Papan triplek disini fungsinya sebagai alas kaos ketika proses menyablon. Ukurannya bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Buatlah 2 ukuran, yaitu ukuran utuk kaos dewasa dan ukuran untuk kaos anak-anak. Untuk kaos dewasa biasanya memakai ukuran 40x50 cm, sedangkan kaos anak-anak setengah dari triplek kaos dewasa. Ketebalan papan triplek juga harus diperhatikan. Karena bila menggunakan triplek tipis lama-kelamaan akan melengkung. Belilah triplek dengan ketebalan 3-4 mm. Pilih triplek bagus dan kuat. Saran saya belilah triplek di toko Madura, tahu kan..... toko Madura itu di daerah saya adalah penjual bahan-bahan kayu bekas. Penjualnya orang Madura, maka disebut toko Madura. Disitu dijual juga triplek bekas, tetapi biasanya yang mereka jual triplek produksi lama, dimana tripleknya kuat dibandingkan dengan triplek yang dijual di toko bangunan. Selain itu dijual dalam bentuk potongan. Jadi meringankan kerja kita, tinggal pilih saja ukuran sesuai kebutuhan.

tinta sablon kaos
tinta sablon kaos

4. Tinta Sablon Kaos

Tinta untuk sablon kaos berbasis waterbase, keuntungannya tidak cepat kering, bau tidak menyenat, lebih mudah digunakan dan proses pencuciannya sangat mudah, cukup menggunakan air biasa dan sabun cuci.
Tukang sablon kaos, biasanya menggunakan 2 macam tinta, yaitu:
  • Rubber (Pasta/GL/Karet)
  • Pigment
Rubber
Tinta rubber namanya akan berbeda di tiap kota, ada yang menyebut Pasta, GL atau Karet.  Tinta jenis rubber digunakan untuk menyablon kaos berwarna gelap, misalnya kaos warna hitam, biru, biru navy, hijau tua, merah maroon dan sebagainya. Hasil sablonan jenis ini bila ditarik akan melar seperti karet, makanya dinamakan rubber (english:karet)
Rubber dibagi 2 lagi yaitu:
  • Rubber white
  • Rubber color
Rubber white
Bentuk tinta rubber white seperti pasta berwarna putih jelas. Tinta jenis ini khusus untuk menyablon warna putih, atau untuk menyablon  dasar (blok) dari gambar yang lebih dari 2 warna. Kenapa harus diberi dasar dulu? Agar sablonan warna berikutnya lebih kontras. Biasanya dilakukan 2-3 kali proses sablonnya, agar pori-pori bahan kaos tertutup sempurna. 

Rubber color
Rubber color adalah tinta sablon kaos untuk menyablon gambar atau tulisan pada kaos yang sudah diberi dasar dengan rubber white. Atau untuk menyablon kaos berwarna muda, misalnya kaos warna putih, pink, biru muda, dan sebagainya. Bentuk rubber color hampir sama dengan rubber white, tetapi warnanya lebih pucat. Tinta jenis ini bisa kita campur warna sesuai dengan keinginan sedangkan rubber white tidak bisa, karena dasarnya sudah warna putih, walaupun ingin diberi warna, akan menghabiskan cukup banyak pewarna.

Pigment
Pigment atau extender adalah tinta untuk sablon kaos dengan warna dasar muda, misalnya kaos warna putih, pink, biru muda, kuning, hijau muda dan sebagainya. Dalam prakteknya, tukang sablon biasa menggunakan jenis tinta ini untuk menyablon kaos seragam olah raga sekolah, sablon batik, bendera, dan sebagainya.

pewarna
pewarna


5. Pewarna

Pewarna untuk sablon kaos bisa dibeli di toko alat-alat sablon, bentuknya cair. Dalam penjualan disediakan dalam ukuran botol kecil dan botol besar ukuran 1 liter. Warna yang dijual semua warna primer misalnya hitam, merah, biru, hijau, juga warna sekunder seperti orange, ungu, coklat, merah maroon dan sebagainya. Pewarna ini digunakan sebagai campuran tinta sablon baik rubber color maupun pigment sesuai dengan keinginan.

obat afdruk
obat afdruk

6. Obat Afdruk

Obat afdruk adalah sejenis cairan kental sebagai penutup screen ketika akan melakukan proses afdruk, yaitu memindahkan desain dari kertas film ke atas screen. Dalam penjualan obat afdrek terdiri dari 2 botol, botol 1 sebagai obat afdruk 1 botol lagi emulsifier sebagai bahan campuran. Di toko sablon warna obat afdruk dijual dalam beberapa warna, biasanya tersedia warna putih, biru, hijau, ungu dan kuning. Kalau admin biasa menggunakan afdruk putih.

hardener
hardener

7. Penguat afdruk

Setelah screen melewati proses afdruk, tidak bisa langsung dipakai untuk menyablonkaos, karena tidak akan kuat bila menyablon kaos dalam jumlah besar. Penguat afdruk /TX/Hardener/Harter adalah cairan penguat screen yang sudah diafdruk. Bentuknya cair berwarna pink.

m3
m3

8. M3 (M tiga)

Ini bukan nama kartu operator seluler ya..., M3 adalah cairan untuk membersihkan screen dari sisa-sisa kotoran dari tinta sablon dan obat afdruk yang tidak bisa hilang setelah dicuci. Cairan berwarna bening ini baunya sangat tajam, jadi harus hati-hati dalam menggunakannya, gunakanlah masker dan sarung tangan karet ketika bersentuhan dengan cairan ini. 

9. Sabun cuci

Sabun cuci yang dipakai adalah sabun colek,  dalam sablon kaos gunanya untuk mencuci screen dan rakel apabila sudah selesai menyablon, selain itu digunakan pula ketika membersihkan sisa-sia obat afdruk  ketika menghapus screen. Dengan menggunakan sabun cuci proses pencucian screen menjadi mudah.

semprotan burung
semprotan burung

10. Semprotan burung

Alat ini tidak kalah pentingnya dari alat-alat diatas, semprotan burung digunakan untuk menyemprot screen ketika selesai di afdruk, atau dipakai untuk membersihkan sisa-sisa obat afdruk dan tinta sablon yang menempel pada screen. Dengan tekanan tinggi, air yan disemburkan mampu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang ada pada pori-pori kain monil.

11. Penghapus screen

Penghapus screen digunakan untuk menghapus screen apabila cetakan akan diganti dengan gambar baru. Bahan ini tersedia di toko alat sablon. Bila kamu kehabisan penghapus screen, bisa juga memakai bahan alternatif, yaitu menggunakan cairan pemutih pakaian misalnya bayclean. Bisa juga menggunakan campuran antara soda api dan kaporit bubuk yang dilarutkan dalam wadah, tetapi harus hati-hati ya dalam pemakaiannya, karena kedua bahan tersebuta dapat membuat kulit gatal dan iritasi.

12. Pisau cutter

Pisau cutter gunanya untuk membuat cetakan sablon kaos manual tanpa afdruk, yaitu cetakan  dari kertas hvs atau yang lebih tebal (sudah ada gambar pola sablonan sebelumnya) dengan cara dibolongi, biasanya untuk sablon nomor dan nama kaos jersey.

13. Setrika

Setrika dalam sablon kaos gunanya untuk mengepress hasil sablon agar semakin kuat menempel di kaos dan rata permukaannya. Alat ini bisa dijadikan alternatif bila belum mempunyai alat press khusus.

lakban dan pisau cutter
lakban dan pisau cutter


14. Lakban, pinsil, penggaris

Ketiga alat ini gunanya sebagai penunjang proses sablon kaos. Lakban gunanya untuk menutup pinggir screen sebelum menyablon, funfsinya adalah menjaga bila ada kebocoran dari screen dapat tertahan oleh lakban. Pinsil dan penggaris untuk menggambar pola atau kebutuhan lainnya.

Penutup

Dari sejumlah alat sablon kaos manual yang harus diketahui pemula total harga ketika artkal ini dibuat berkisar antara 500 ribu s/d 1 juta rupiah. Alat ini bisa diperbanyak lagi apabila bisnis sablon kaos manual sudah berjalan dan menghasilkan. 
Itulah artikel tentang daftar alat sablon kaos yang harus diketahui oleh pemula, semoga bermanfaat.
Bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar.
Abu Haqqi
Abu Haqqi Blogger

Post a Comment for "Alat Sablon Kaos Manual yang harus diketahui Pemula"

Berlangganan via Email